cover
Contact Name
Rudi Setiawan
Contact Email
rudi@trilogi.ac.id
Phone
+628192454119
Journal Mail Official
rudi@trilogi.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sistem Informasi Universitas Trilogi, Jl. TMP Kalibata No.1 Pancoran, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Published by Universitas Trilogi
ISSN : -     EISSN : 26848260     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi terbit 2 kali dalam setahun, bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian pada ranah topik sistem informasi, kompleksitas algoritma, implementasi algoritma, rekayasa perangkat lunak, sistem terdistribusi, bisnis dan manajemen, pengelolaan data dan informasi, sistem cerdas, data mining, sistem penunjang keputusan dan tanpa membatasi topik lain yang masih relevan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi" : 6 Documents clear
MENENTUKAN PEMASOK BAHAN BAKU TEH GAMBIR DENGAN METODE AHP DAN ARAS Madanhar Manik; Muhammad Zakaria; Syukriah Syukriah; Taufiq Taufiq; Meutia Fadilla
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/sistek.v4i1.1535

Abstract

UD. Sondel berdiri pada tahun 2013 di Pakpak Bharat yang bertempat di desa Kuta Tinggi Kecamatan Salak, usaha ini bergerak dalam produksi pembuatan teh gambir dengan jumlah pegawai sebanyak 13 orang. UD. Sondel beroperasi pada jam 08.00 WIB  sampai pada pukul 17.00 WIB.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasok mana  yang paling terbaik untuk usaha ini. Dalam proses pendefinisian pilihan, disini menggunakan metode analisis hierarchy process (AHP) dan additive ratio assesment (ARAS), untuk mencari prioritas kriteria dan alternative.. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa alternatif yang paling cocok untuk metode ahp yaitu Aornakan dengan nilai bobot 0,3601, dan pemasok dari Lagan  0,3341, dan ketiga yaitu pemasok dari panggegean 0,3321  dan ke empat pemasok dari Sibande 0,3119. Dan untuk metode aras di dapatkan alternatif yang paling tinggi untuk pemilihan pemasok adalah pemasok dari Aornakan dengan nilai bobot 0,9894, dan pemasok dari Lagan 0,7307, dan pemasok dari Panggegean 0,4322, dan keempat 0,1320.Berdasarkan hasil integrasi metode Ahp dan Aras dapat di simpulkan bahwa untuk pemilihan alternatif yang paling tinggi yaitu pemasok dari Aornakan dengan nilai bobot sebesar 0,7385 dan di susul dengan peringkat kedua yaitu pemasok dari Lagan  dengan nilai bobot sebesar 0,4950, dan di posisi ketiga yaitu pemasok dari Panggegean  dengan nilai bobot sebesar 0,2240, dan di posisi keempat yaitu pemasok dari Sibande dengan nilai bobot 0,1842.
PENGARUH MEDIA SOSIAL SEBAGAI REFERENSI INVESTASI DIGITAL GENERASI MUDA DENGAN REGRESI LINEAR BERGANDA Silvester Dian Handy Permana; Ade Syahputra; Ketut Bayu Yogha Bintoro; Fariz Allawi Ghozali
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/sistek.v4i1.1448

Abstract

Iklim investasi di Indonesia jika dibandingkan dengan negara maju lainnya masih sangat rendah. Pada masa pandemi ini, banyak dari masyarakat Indonesia memulai untuk berinvestasi melalui platform digital. Mereka mendapatkan banyak informasi mengenai investasi dari beberapa media digital yang sekarang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Namun, investasi juga mempunyai resiko yang besar jika tidak disertai oleh analisis yang tepat. Masyarakat juga bisa terpengaruh pada investasi bodong yang ditawarkan dalam media digital dimana mereka dijanjikan untuk mendapatkan return yang besar dalam jangka waktu yang sangat singkat. Instrumen investasi yang ditawarkan kepada masyarakat sangatlah banyak mulai dari Saham, Reksadana, Emas, Obligasi, hingga Aset Kripto. Oleh maka itu, penelitian ini akan mengukur seberapa besar pengaruh dari media sosial dalam referensi atau menjadi acuan dalam investasi yang dilakukan oleh generasi muda. Penelitian ini akan mengambil responden generasi muda yang berusia 17 hingga 35 tahun dan sudah memulai investasi dalam bentuk apapun. Penelitian ini akan menghasilkan model penerapan media sosial dalam pengaruh investasi yang dilakukan oleh generasi muda. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menjadi referensi para generasi muda agar mendapatkan konten dalam media sosial yang komprehensif untuk menjadi referensi investasi yang tepat.
FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING(FMADM) SEBAGAI METODE SPK PEMBELIAN TANAH PERUMAHAN Kapti Kapti; Wahyu Priyoatmoko
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/sistek.v4i1.1536

Abstract

Tujuan dari Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Tanah Untuk Perumahan Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM), guna membantu memberikan alternatif pilihan dalam pembelian tanah. Sistem pendukung keputusan (SPK) dan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan kriteria-kriteria yaitu, luas tanah, lebar depan tanah, lokasi, kerataan, akses jalan menuju tanah, sarana/prasarana, dan harga tanah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah menggunakan model Waterfall Pressman. Pengumpulan data yang dilakukan yakni wawancara, studi literatur digunakan sesuai topik pembahasan. Perancangan yang digunakan pada penelitian menggunakan diagram konteks untuk menggambarkan apa saja yang dikerjakan oleh sistem, Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk menggambarkan relasi antar tabel. Penelitian ini menghasilkan SPK yang memberikan alternatif pemilihan tanah terbaik berdasarkan hasil perhitungan dengan metode FMADM
SISTEM INFORMASI EDUKASI INVESTASI UNTUK GENERASI MUDA BERBASIS WEBSITE Silvester Dian Handy Permana; Ade Syahputra; Ketut Bayu Yogha Bintoro; Fariz Allawi Ghozali
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/sistek.v4i1.1449

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini banyak aplikasi mengenai investasi yang mulai bermunculan. Mereka menawarkan jasa untuk membeli instrumen investasi dalam aplikasi mereka. Namun, belum banyak konten edukasi yang terintegrasi mengenai keuangan dan belajar investasi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mulai berinvestasi. Baru sekitar kurang dari 2% dari masyarakat Indonesia yang sudah memulai investasi. Padahal, kebutuhan investasi di suatu negara harus lebih dari 30% agar memajukan perekonomian dari negara tersebut oleh maka itu penelitian ini ini akan membuat suatu media edukasi mengenai investasi yang dapat sad dilakukan oleh para generasi muda. Para generasi muda tentunya belum begitu banyak uangnya, namun kita bisa tahu bahwa generasi muda di Indonesia lah yang sekarang ini akan berkembang dan akan memimpin indonesia di masa yang akan datang.  Media edukasi mengenai investasi ini berwujud suatu website yang akan dirancang dengan metode waterfall dimana nantinya para masyarakat dapat menikmati konten edukasi mengenai investasi dan literasi keuangan di dalamnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu para generasi muda dalam memahami literasi keuangan.
PERANCANGAN APLIKASI DROPSHIP BAGI PELAKU USAHA UMKM MENGGUNAKAN METODE WATERFALL Silvester Dian Handy Permana; Ade Syahputra; Ketut Bayu Yogha Bintoro; Sania Smith
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/sistek.v4i1.1450

Abstract

Persaingan usaha pada zaman ini semakin ketat dengan bertambah banyaknya pengusaha baru selama pandemi covid-19 ini. Para pengusaha berjuang sangat keras untuk mendapatkan pelanggan dalam jual beli barang dagangannya. Namun, tidak semua pedagang mempunyai strategi atau cara dalam menjual barang dagangannya. Mereka hanya mengandalkan media sosial untuk mempromosikan barang dagangannya. Hal ini tidak cukup efektif karena hanya terfokus dalam penjualan dan belum melakukan ekspansi dalam bisnisnya. Mereka membutuhkan sistem aplikasi dropship dimana sistem tersebut dapat memudahkan para pelanggan atau orang lain dalam memasarkan produknya sehingga produknya dapat terjual lebih banyak. Penelitian ini akan membuat suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk dropship sehingga para pelaku usaha dapat melakukan ekspansi usaha dengan sistem dropship. Aplikasi ini dibangun secara mobile dan dapat beroperasi dalam smartphone yang berbasis android. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode Waterfall sehingga jadi suatu aplikasi yang tepat guna. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pengusaha UMKM dalam membuat sistem dropship bagi ekspansi bisnisnya.
RANCANG BANGUN SISTEM E-COMMERCE B2B Muhamad Sidiq
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
Publisher : Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/sistek.v4i1.1534

Abstract

PT. SEMARANG PACKING INDONESIA adalah perusahaan yang bergerak dibidang AC. Perusahaan ini telah memanfaatkan sistem informasi meskipun belum terintegrasi dengan baik antara satu sistem dengan sistem lainnya. Oleh karena itu penulis akan mengembangkan suatu bentuk sistem informasi dengan memilih PT. SEMARANG PACKING INDONESIA sebagai objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengembangkan proses pemasaran dan meningkatkan jumlah penjualan. Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan sistem yang sudah ada dan membuat sistem yang belum ada untuk diintegrasikan ke dalam sistem yang terintegrasi. Untuk mencapai sistem informasi yang baik maka diperlukan penjualan dengan menggunakan teknologi e-commerce dan juga teknologi QR Code untuk memudahkan PT. SEMARANG PACKING INDONESIA dalam mengolah data lebih cepat, menghemat tenaga kerja dan membantu memasarkan proses pemasaran. Di butuhkan suatu proses pengembangan perangkat lunak (software) yang sesuai dengan kebutuhan seperti PHP, Adobe Dreamwever CS6 dan MySQL. Model sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan web. Sistem informasi e-commerce ini dirancang dengan menggunakan metode pengolahan data penjualan langsung. Penggunaan metode pengolahan data agar setiap proses, baik pemesanan maupun pembayaran dapat segera diproses. Prosedur yang akan diproses terdiri dari pengumpulan data, transaksi dan laporan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6